Jumat, 12 Juni 2015

HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BUDIDAYA LELE

Semua usaha pasti mempunyai  kesulitan-kesulitan tersendiri, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Begitu pula dalam usaha perikanan terutama budidaya lele. ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan tersebut. Oke, langsung saja akan saya sebutkan apa saja faktor-faktor tersebut.


1. Kualitas air

Air disini merupakan hal pokok untuk budidaya lele, baik buruknya air sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan lele. air yang baik adalah air dengan PH sekitar 6-7 yakni air netral, tidak terlalu asam dan tidak terlalu basa. biasanya masalah yang sering dihadapi adalah kadar PH air terlalu asam. hal ini dapat ditangani dengan menambahkan arang kedalam air/daun pepaya.

2. Kualitas Pakan

Pakan juga mempengaruhi keberhasilan budidaya lele. kandungan mineral yang ada dalam pakan sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan budidaya. disarankan menggunakan pakan yang mengandung mineral dan protein tinggi, jika perlu ditambah materilain untuk membuat ikan lebih sehat seperti vitamin dll.

3. Kualitas Indukan

Indukan juga mempengaruhi keberhasilan budidaya. umumnya, indukan yang sudah siap akan menghasilkan telur yang baik. sebaliknya, indukan yang belum siap maka telur yang dihasilkan juga kurang baik.

4. Faktor Keberuntungan

Tidak bisa dipungkiri jika faktor yang satu ini besar pengaruhnya terhadap berhasil/tidaknya sebuah usaha.

Demikian tadi beberapa faktor yang memengaruhi berhasil atau tidaknya budidaya lele. semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara-saudara, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar